Penyakit Jantung, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Selamat datang para pembaca setia blog kesehatan, kali ini kita akan membahas mengenai penyakit jantung, penyebab dan cara mengobatinya. Tujuan pembahasan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kita akan bahaya penyakit jantung yang kerap terjadi secara mendadak dan tidak disadari oleh kebanyakan orang. Apa itu Penyakit Jantung?
penyakit jantung, penyebab dan cara mengobatinya

Penyakit jantung adalah suatu gangguan tersumbatnya pembuluh arteri sehingga aliran darah menuju jantung berhenti. Ketika aliran darah berhenti, maka detak jantung akan berhenti, orang yang mengalaminya akan mendadak merasa sakit yang luar biasa di bagian dada kiri. Jika tidak ditangani secara langsung dapat memicu kematian mendadak. 

Menurun WHO, serangan jantung adalah pemic kematian mendadak yang paling besar di dunia. Penderitanya kebanyakan yang telah memasuki usia 40 tahun, namun tidak kecil kemungkinan bagi yang muda untuk mengalami serangan jantung di usia dini. Begitu berbahayanya penyakit jantung ini sehingga kita perlu mengenali penyakit jantung, penyebab dan cara mengobatinya agar kita dapat terhindar dari resiko serangan jantung.

Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit jantung disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh arteri oleh plak lipid yang terbentuk dari kolesterol jahat. Maka dari itu penyakit jantung juga ada kaitannya dengan gejala kolesterol tinggi. Ketika kadar kolesterol jahat sangat tinggi, tubuh tidak dapat menghancurkan dan mengeluarkannya. Kolesterol tertimbun di dinding pembuluh darah. Bertahun-tahun kolesterol akan mengeras menjadi plak sehingga akhirnya menutupi aliran pembuluh darah. 

Pemicu kadar kolesterol tinggi yang berujung pada penyakit jantung adalah gaya hidup dan pola makan. Dari sebagian besar kasus penyakit jantung, penderitanya adalah yang gemar mengkonsumsi makanan berlemak, mengalami obesitas dan tidak rutin berolahraga. Perokok dan pecandu alcohol juga termasuk yang beresiko mengalami serangan jantung, karena racun pada rokok dan gula pada alcohol dapat memicu meningkatnya kolesterol dalam darah.

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Mengkonsumsi Sayur dan Buah
Mengkonsumsi sayur dan buah adalah pengobatan paling pertama untuk menurunkan resiko serangan jantung yang diakibatkan adanya penyempitan arteri oleh kolesterol. Nah, peranan sayur dan buah itu sendiri adalah menghancurkan kolesterol jahat secara perlahan-lahan. Dengan begitu, resiko serangan jantung dapat dihindari.

Berolahraga
Berolahraga salah satu upaya untuk meningkatkan fungsi dan detak jantung. Dengan gerakan yang dinamis akan menmbangkitkan jantung untuk memompa darah lebih cepat. Olahraga yang baik untuk mengatasi penyakit jantung adalah kardiovaskuler, yaitu lari, bersepeda dan jalan kaki.

Makan Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung. Mengandung omega 3, lemak tak jenuh, vitamin E dan protein nabati. Dengan sering mengkonsumsi kacang-kacangan, maka akan menjaga detak jantung tetap bekerja normal.

Tidur Yang Nyenyak
Tidur nyenyak selama 7 jam sangat baik untuk memulihkan kesehatan jantung. Apabila gejala serangan jantung terjadi, maka beristirahatlah dengan cukup di malam hari. Jangan begadang dan terlalu banyak beraktivitas di malam hari.

Demikian ulasan mengenai penyakit jantung, penyebab dan cara mengobatinya. Semoga informasi yang sudah disampaikan di sini dapat meningkatkan kesadaran kita akan bahaya penyakit jantung, dengan begitu kita lebih waspada dan terhindar dai resiko penyakit mematikan ini.

0 Response to "Penyakit Jantung, Penyebab dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar

Artikel Kecantikan

Artikel kesehatan terbaru

Kuliner