10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Membandel Secara Alami

 Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Membandel
Cara menghilangkan karang gigi - Karang gigi adalah akumulasi atau penumpukan sisa makanan yang menempel di gigi dan menjadi kerak.  Hal ini dapat terjadi karena pembentukan garam atau kristalisasi sisa makanan yang bersifat asam dengan air liur yang bersifat basa. Dua komponen itu membentuk plak gigi yang menempel pada email gigi. Ada dua jenis plak gigi, yang pertama yang menempel pada email gigi di atas gusi dan di bawah gusi. Dua jenis karang gigi tersebut membawa dampak yang sama buruk untuk gigi dan kesehatan mulut.

Karang gigi yang belum terlalu banyak dan parah dapat menyebabkan bau mulut dan gigi menjadi kuning. Meskipun belum membawa dampak yang serius, tapi bagi para wanita hal tersebut akan menurunkan kepercayaan diri mereka. Sedangkan karang gigi yang sudah menumpuk terlalu banyak dan parah akan membawa dampak yang lebih serius bagi penderitanya. Mulai dari berbagai penyakit gusi seperti gusi berdarah dan radang gusi, sampai pada tanggalnya gigi karena rapuhnya jaringan penyangga gigi. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kebersihan mulut terutama gigi agar tidak menjadi tempat bagi tumbuhnya karang gigi.Beberapa cara dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Cara cara tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Yaitu yang pertama secara tradisional dan yang kedua secara modern.

Cara menghilangkan karang gigi secara tradisional, kita dapat menggunakan bahan bahan sederhana yang ada di sekitar kita dan sudah disediakan secara gratis oleh alam. Bahan bahan tersebut dapat dengan mudah ditemukan di dapur


  • Apel
Apel yang mempunyai kandungaan kalium dapat membantu mengurangi endapan Kristal asam yang terjadi karena pertemuan asam basa antara sisa makanan dan saliva. Selain itu, serat alami pada apel juga membantu untuk mengurangi kerak pada gigi. Caranya dengan rutin mengkonsumsi apel secara utuh tanpa dikupas setiap selesai makan malam.


  • Melon
Makan melon secara teratur selain baik untuk kesehatan ternyata juga baik untuk gigi. Melon dengan kandungan seratnya yang tinggi dapat memicu untuk memperbanyak produksi air liur.  Dengan begitu, gigi akan semakin sering terkena air liur dan meminimalkan sisa makanan yang tertinggal di gigi.


  •  Strawberry
Buah buahan berwarna terang seperti strawberry mengindikasikan banyaknya kandungan vitamin C dalam buah tersebut. Vitamin sangat baik untuk tubuh dan vitamin C sendiri merupakan salah satu yang dapat memperkuat gigi.


  • Kulit jeruk
Tidak hanya jeruk dan kandungan vitamin c di dalamnya saja ynag dapat kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi. Tetapi hal yang lebih efektif dari mengkonsumsi jeruk adalah menggosokkan kulit jeruk ke bagian gigi yang berkarang. Gosokan lembut ini dapat mengangkat plak- plak baru dan mencegahnya tumbuh kembali di atas karang yang sudah terbentuk dan memperparah keadaan gigi.


  •  Asam kawak
Penggunaan asam kawak untuk menghilangkan kerak gigi dengan menyangrai dan menumbuknya. Hasil tumbukan halus inilah yang dapaat kita gunakan untuk menggosok gigi. Kita dapat mengaplikasikannya langsung ke bagian gigi berkarang atau menggunakan sikat gigi layaknya pasta gigi.


  • Cengkeh dan sirih
Dua bahan alami ini sudah terkenal sejak jaman nenek moyang kita. Keampuhan cengkeh dan sirih telah terbukti dapat menjaga gigi agar lebih kuat. Caranya dengan menumbuk cengkeh dan mengunyahnya dengan daun sirih atau menggosokkan tumbukan cengkeh yang telah di bungkus di dalam daun sirih ke bagian gigi yang berkarang.

  • Baking soda
Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah dengan baking soda. Salah satu bahan pembuat kue ini ternyata dapat kita gunakan juga untuk menghilangkan karang gigi. seperti halnya asam kawak, kita dapat mengaplikasikannya seperti pasta gigi dengan menggunakan sikat gigi.gosokkan perlahan pada gigi berkarang.


  • Siwak
Kaum muslim tentunya sudah taka sing lagi pada benda yang satu ini. Selain merupakan sunnah dan anjuran nabi Muhammad, kandungan fluoride pada siwak terbukti dapat menguatkan email gigi.


  • Abu dapur atau batu bata halus
Cara ini terdengar agak tidak masuk akal. Tetapi abu dapur atau batu bata yang telah di haluskan terbukti dapat menghilangkan karang gigi dan membuat gigi lebih putih. Menggosoknya secara perlahan pada gigi akan mengangkat kotoran dan karang yang menempel.


  • Air putih
Cara tradisional yang terakhir adalah perbanyak minum air putih. Dengan minum air putih, secara tidak langsung kita membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel dan berpotensi menjadi plak.

Cara menghilangkan karang gigi secara modern adalah dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur minimal 6 bulan sekali. Jika kita melakukannya secara berkala, maka kemungkinaan terbentuknya karang gigi yang menumpuk parah akan sangat kecil. Dengan memeriksa secara rutin, maka dokter akan cepat mengetahui kerusakan atau kemungkinan buruk yang akan meninmpa gigi kita. Jika ternyata kerak telah menempel pada gigi kita, maka dokter akan membersihkannya (scaling).

Cara modern lain yang dapat kita lakukan adalah menggunakan dental floss. Benang gigi ini dapat kita gunakan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela gigi yang sulit di jangkau oleh sikat gigi. tetapi sebelum menggunakan benang gigi, kita harus memastikan bahwa tangan kita bersih dan steril. Setelah membersihkan gigi dengan benang gigi, maka hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah berkumur dengan obat kumur. Saat ini kita dapat menemukan berbagai merek obat kumur yang semuanya menawarkan keunggulan- keunggulan tersendiri. Kita harus dapat memilih dengan cermat dan tepat sasaran. Nah itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang dapat anda coba, good luck.

Selain secara tradisional dan modern, kita juga dapat menghilangkan karang gigi dengan mengubah pola hidup. Karang gigi terbentuk karena pengendapan makanan dan kebiasaan buruk untuk membiarkan sisa makanan menempel berlama lama pada gigi. Perubahan pola hidup ini dapat dimulai dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari. Meskipun yang terbaik adalah menggosok gigi setiap kali sesudah makan. Hal ini dapat membantu mencegah sisa makanan menempel pada gigi dan bersenyawa dengan saliva. Selain itu, kita juga harus menghindari makanan yang mengandung gula dan tepung. Menghindari rokok, minuman keras, kopi dan teh kental yang dapat membuat gigi kita kehilangan warna putih cantiknya. Tetapi hal terbaik dari semua cara di atas adalah mencegah terbentuknya karang gigi daripada harus bersusah payah menghilangkan karang gigi yang sudah menumpuk.    


0 Response to "10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Membandel Secara Alami"

Posting Komentar

Artikel Kecantikan

Artikel kesehatan terbaru

Kuliner